Ide Menulis di Blog

Terinspirasi dari membaca di www.contohblognih.blogspot.com, kalau bingung update posting bisa lihat dulu di google trends, ujarnya. Jadi pikirku ane nggak mesti kehabisan akal untuk menulis tuh. 

Selang beberapa waktu ane mandi sore tuh untuk hilangkan kejenuhan maklum karena seharian ane ngeblog terus sampai lupa segalanya, tapi kalau shalat tepat waktu Alhamdulillah. Hehe 

Setelah ane mandi, ane pakai handuk dan duduk, sambil ngeblog lagi lihat tulisan di CONTOHBLOG. Ane sengat tuh rokok, puuuusssssss wuenak kali gan...hehe terus ane mempunyai inspirasi begini, gimana ya kalau menulis tentang “gimana caranya menemukan ide untuk menulis blog?” tak kasih judul singkat jadi “Ide Menulis di Blog”.

Aaah ini bagus ujarku…mudah-mudahan bisa jadi solusi untuk para pembaca, kemudian ane tulis dalam buku dan ane uraikan seperti berikut:

1. Ide menulis muncul setelah membaca tulisan orang lain
Contohnya: Ane baca tulisan di CONTOHBLOGNIH, ane pahami tuh, dan bersahabat sekali redaksi kata-katanya (inspiratif) sehingga menarik untuk di baca. Ane pikir ! masa ane nggak bisa? Nah ane cari tahu dari sumber blog lain juga untuk meningkatkan kosa kata dalam mengolah kata-kata. Alhamdulillah mulai bisa menulis walau kadang wagu redaksi kata-katanya.

2. Ide menulis muncul karena mendengarkan ceramah atau seminar
Contohnya: Lihat dan dengerin ceramah siraman rohani tuh kalau pagi-pagi di Indosiar oleh Mamah Dedeh dan Aa Abdel, ingat-ingat dalilnya pahami penjelasannya, kemudian pegang tuh laptop apa komputer untuk menulis apa yang tadi di lihat dan di dengar. Atau bisa juga ente hanya terinspirasi menangkap kosa katanya (gaya bicaranya) tapi ente malah menulis dengan judul yang berbeda. No problem, yang penting bermanfaat !...

Nah kalau untuk seminar itu biasanya di kampus sering diadakan, kalau ente mahasiswa tidak ada salahnya ente menulis apa yang di sampaikan dosen itu tadi.

3. Ide menulis muncul ketika lagi merokok
Contoh: Ane bisa menulis begini punya ide ketika lagi merokok, kebetulan ane tuangkan dalam tulisan. 

4. Ide menulis muncul karena melihat fenomena sekitar
Contoh: pernahkah ente memikirkan atau melihat kejadian sekitar sehingga pantas untuk dijadikan bahan untuk menulis, sekalian menuangkan ide ente untuk fenomena sosial; sehingga ente bisa memberi solusi yang terbaik. Ya nggak?

5. Ide menulis muncul berangkat dari pengalaman pribadi
Contoh: Semua orang pasti punya pengalaman, tak ada salahnya tuh untuk dituangkan di blog atau lebih bagus dijadikan novel atau cerpen, pasti selain dapat kepuasan adalah menghasilkan laba juga. Coba aja, asal di kirim ke penerbit !.

6. Ide menulis muncul dari cerita pengalaman orang lain
Contoh: ketika ente lagi curhat dan berbagi pengalaman mesti ente punya inspirasi untuk menulis, tapi sebagian orang yang lain malah bertanya, bagaimana saya memulainya? Gampang asal ente punya kemauan, dengan mencoba menulis walaupun salah atau kurang enak di baca, nggak bakalan dosa ko, ya nggak? Ane pesan yang penting kalau nulis itu terdiri dari S+P+O+K…mesti ente semua bisa ! 

Yang penting berani nyoba dan terus membaca karya orang lain.

7. Ide menulis muncul karena banyak orang yang bertanya
Contoh: Ente seorang publisher nih, tulisan ente di komentari oleh orang lain. Mesti kan nggak semua membalas komentar yang sesuai judul karena pertanyaan yang di luar dugaan pun banyak. Kalau ente berpikir !, ente punya keinginan untuk menulis apa yang tadi di tanyakan komentator, yang tentunya jawabannya panjang, sehingga berpikiran untuk posting baru.

8. Ide menulis muncul ketika lagi melamun
Contoh: Ngelamunin apa ya? Kalau anak muda ya karena jomblo atau diputus pacarnya, hehe kan biasanya begitu? bisa tuh untuk menulis, biasanya muncul ide untuk menulis puisi.

9. Ide menulis muncul ketika ilmu diajarkan kepada orang lain
Contoh: seorang Guru yang mengajar di sekolah, tidak menutup kemungkinan kalau Guru tersebut mempunyai hobi menulis (ya kalau guru menurut ane harus mempunyai keinginan untuk menulis hasil karyanya agar bisa dinikmati muridnya umumnya orang lain); jelas ilmu yang diajarkan tadi bisa jadi acuan untuk menulis, sehingga bisa saja seorang guru memerintahkan kepada muridnya, kalau kalian belum paham bisa baca di blog bapak ya nak?…! 

10. Ide muncul ketika di kamar mandi
Izinkan ane ketawa dulu hahahahahahaha….
Memang benar ko, ternyata kalau lagi di kamar mandi banyak ide yang bermunculan untuk menulis, ane ngalami sendiri. Walaupun hanya selintas dan selintas tapi kalau di pikir ulang akhirnya bagus untuk di tulis ide tersebut.

Ini pun bisa nulis begini karena ane lagi nongkrong di kamar mandi (BAB) kemudian melamun sejenak (jangan negatif), eeeh menghasilkan posting begini.

Mungkin itu aja yang bisa ane sampaikan, saran ane biasakanlah menulis “Ulah bisa karena biasa”. Lambat laun pasti bisa asal punya kemauan ditambah dengan sering membaca karya tulisan orang lain untuk menambah gaya menulis dan menuangkan kata-kata yang bagus di tulisan anda serta jangan lupa nulislah dengan S+P+O+K.

Tulisan ini adalah murni hasil pikiran ane, yang sudah ane terbitkan pula di blog www.tamuilmu.blogspot.com, namun karena blognya ane remove dan demi menjaga naskah agar tetap bermanfaat bagi orang lain, mending ane publish kembali untuk pembaca.

Sekian !

0 Response to "Ide Menulis di Blog"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel